Senin, 22 April 2013

makalah hukum kepolisian desiana



makalah


 ‘’KONTRIBUSI POLRI TERHADAP MASYARAKAT DI BIDANG PENDIDIKAN’’

Disusun sebagai salah satu tugas mata kuliah HUKUM KEPOLISIAN pada pertengahan semester genap TA 2012/2013





















Oleh:
Nama : DESIANA MABEL
Npm    : 41152025110193
Kelas : ak b

U N I V E R S I T A S    L A N G L A N G B U A N A
F A K U L T A S    E K O N O M I    J U R U S A N    A K U N T A N S I  
2 0 1 3 







KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa , yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan Makalah hukum kepolisian dengan judul ‘’KONTRIBUSI POLRI TERHADASP MASYARAKAT DI BIDANG PENDIDIKAN’’ ini dengan baik.

            Makalah ini berisikan tentang informasi pengertian polisi dan kontribusinya terhadap masyarakat  atau yang lebih khususnya membahas pelayanan polisi dalam dunia pendidikan .Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang  kelebihan polisi yang jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan penilaian-penilaian polisi  yang ada.

             saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

             Akhir kata,saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Yang Ilahi  senantiasa membantu kita. Amin.


Bandung 18 april 2013


      Desiana Mabel
41152025110193













DAFTAR ISI

Hal.
1.                  KATA  PENGANTA ………………………………………………………….. i
2.                  DAFTAR ISI ….…………………………………………………..………..….. ii
3.                  BAB I PENDAHULUAN
a.       Latar belakang permasalahan ………………………………………….…... 1
b.      Perumusan masalah …………………………………………………….….. 1
c.       Tujuan penulisan ………………………………………………………...… 1
4.                  BAB II PEMBAHASAN
a.       Pegartian POLRI …………………………………………….…………….. 2
b.      Kontribusi POLRI di dunia pendidikan …………………………………… 4
5.                  BAB III PENUTUP
a.       Kesimpulan ………………………………………………………………… 5
b.      Saran ……………………………………………………………………….  6
6.                  Daftar pustaka ………………………………………………………………….. 7





















BAB  I  PENDAHULUAN

a.     Latar Belakang Permasalahan
Makalah ini ditulis sebagai salah satu tugas pada mata kuliah hukum kepolisian yang menyangkut penilaian terhadap polisi, dan kesempatan ini saya akan membahas sedikait mengenai kelebihan polisi yang saya dan kita semua rasakan hingga kini dalam dunia pendidikan khususnya di penhdidikan tinggi, bahwasanya polisi telah memberikan kami wadah untuk mengenyam pendidikan sebagaimana yang kita butuhkan.

b.    Perumusan Masalah

  Pembahasan dalam makalah ini melingkupi :
1.     Pengertian dan tugas pokok dari polisi
2.     Sumbangsi yang diberikan polisi kepada masyarakat Indonesia khususnya di bidang pendidikan dengan mendirikan yayasan bhayangkara yang terdiri dari TK,SD,SMP,SMA Dan Perguruan Tinggi yang tersebar di berbagai penjuru bahkan sampai di pelosok dan pedalaman  Indonesia.

c.      Tujuan Penulisan
Makalah ini ditulis sebagai tugas mata kuliah hukum kepolisian,pada pertengahan semester genap ta.2012/2013 universitas langlangbuana bandung,selain itu untuk menambah  pengetahuan tentang kepolisian khususnya POLRI.
















BAB II PEMBAHASAN



a.     PEGARTIAN POLRI

1)    Definisi POLRI
                        Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) adalah Kepolisian Nasional di Indonesia, yang bertanggung jawab langsung di bawah Presiden. Polri mengemban tugas-tugas kepolisian di seluruh wilayah Indonesia. Polri dipimpin oleh seorang Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).
             Organisasi Polri disusun secara berjenjang dari tingkat pusat sampai ke kewilayahan. Organisasi Polri Tingkat Pusat disebut Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri); sedang organisasi Polri Tingkat Kewilayahan disebut Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Polda).
Unsur pimpinan Mabes Polri adalah Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Kapolri adalah Pimpinan Polri yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

2)    Tugas Pokok POLRI.
Tugas Pokok Polri menurut UU No 2 Tahun 2002
tentang
Kepolisian Negara Republik Indonesia
Tugas dan Wewenang Polri :
Ada 3 yaitu :
1.Memelihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (HarKamTibMas)
2.Menegakkan Hukum (Penegakan Hukum)
3. Memberikan Perlindungan, Pengayoman , dan Pelayanan kepada Masyarakat (Melindungi Mengayomi dan Melayani Masyarakat)

3)    Fungsi Dan Kewenangan POLRI
           Fungsi utama itu bersifat universal dan menjadi ciri khas Kepolisian, dimana dalam pelaksanaannya Polri lebih mengutamakan Preventif dari pada represif. Adapun perumusan dari fungsi utama tersebut adalah :
1. Tugas Pembinaan masyarakat (Pre-emtif)
Segala usaha dan kegiatan pembinaan masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum dan peraturan perundang-undangan. Tugas Polri dalam bidang ini adalah Community Policing, dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat secara sosial dan hubungan mutualisme, maka akan tercapai tujuan dari community policing tersebut. Namun, konsep dari Community Policing itu sendiri saat ini sudah bias dengan pelaksanaannya di Polres-polres. Sebenarnya seperti yang disebutkan diatas, dalam mengadakan perbandingan sistem kepolisian Negara luar, selain harus dilihat dari administrasi pemerintahannya, sistem kepolisian juga terkait dengan karakter sosial masyarakatnya. Konsep Community Policing sudah ada sesuai karakter dan budaya Indonesia ( Jawa) dengan melakukan sistem keamanan lingkungan ( siskamling) dalam komunitas-komunitas desa dan kampong, secara bergantian masyarakat merasa bertangggung jawab atas keamanan wilayahnya masing-masing. Hal ini juga ditunjang oleh Kegiatan babinkamtibmas yang setiap saat harus selalu mengawasi daerahnya untuk melaksanakan kegiata-kegiatan khusus.
2. Tugas di bidang Preventif
Segala usaha dan kegiatan di bidang kepolisian preventif untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, memelihara keselematan orang, benda dan barang termasuk memberikan perlindungan dan pertolongan , khususnya mencegah terjadinya pelanggaran hukum.
Dalam melaksanakan tugas ini diperlukan kemampuan professional tekhnik tersendiri seperti patrolil, penjagaan pengawalan dan pengaturan.
3. Tugas di bidang Represif
Di bidang represif terdapat 2 (dua) jenis yaitu represif justisiil dan non justisiil. UU No. 2 tahun 2002 memberi peran Polri untuk melakukan tindakan-tindakan represif non Justisiil terkait dengan Pasal 18 ayat 1(1) , yaitu weweang ” diskresi kepolisian” yang umumnya menyangkut kasus ringan. KUHAP memberi peran Polri dalam melaksanakan tugas represif justisiil dengan menggunakan azas legalitasbersama unsure Criminal Justice Sistem lainnya. Tugas ini memuat substansi tentang cara penyidikan dan penyelidikan sesuai dengan hukum acara pidana dan peraturan perundang-undangan lainnya.
Bila terjadi tindak pidana, penyidik melakukan kegiatan berupa:
1. Mencari dan menemukan suatu peristiwa Yang dianggap sebagai tindak pidana;
2. Menentukan dapat atau tidaknya dilakukan penyidikan;
3. Mencari serta mengumpulkan bukti;
4. Membuat terang tindak pidana yang terjadi;
5. Menemukan tersangka pelaku tindak pidana















b.    KONTRIBUSI POLRI DI DUNIA PENDIDIKAN

Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan merupakan tulang punggung bangsa dimana suatu bangsa akan berdiri tegak apabila sumber daya manusianya (SDM) yang matang , kematangan dalam hal ini adalah  mempunyai banyak pengetahuan.
Dan di Indonesia POLRI turut berkontribusi dalam menyediahkan tempat maupun tenaga untuk masyarakat dengan mendirikan yayasan-yayasan diantaranya ,Kemala Bhayangkari,YPTB (yayasan pendidikan tri bakti),dan masih banyak lagi.berikut uraian singkat dari kedua yayasan tsb:



1.Kemala Bayangkari.
Yayasan kemala bhayangkari terbentuk karena adanya rasa tanggung jawab, rasa senasib se-penanggungan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan. Atas prakarsa ibu widodo budidarmo selaku ketua umum bhayangkari pada saat itu yang mencetuskan ide pembentukan yayasan, dilanjutkan oleh ketua umum bhayangkari ibu poppy awaluddin djamin dengan mendaftarkan akte pendirian ke notaris ny.dengan tujuan : Visi dan misi yayasan kemala bhayangkari :   “ membantu kegiatan bhayangkari dibidang sosial, keagamaan dan kemanusiaan dalam mencerdaskan anak bangsa dan kesejahteraan keluarga  besar polri khususnya serta masyarakat pada umumnya.’’Maksud & tujuan :"Yayasan mempunyai maksud &tujuan menciptakan cita-cita luhur untuk turut mengabdi tanpa pamrih secara nirlaba dibidang di bidang sosial, keagamaan dan kemanusiaan."
Yayasan ini  berpusat di kebayoran baru Jakarta selatan, dan mempunyai Yayasan  pengelolah sekolah banyangkari  sebanyak 18 cabang se Indonesia. Di  bandung sendiri  Yayasan ini berada di  Jl Palasari 44-46. Burangrang, Lengkong. Bandung 40262 Jawa Barat. Yayasan kemala bhayangkari memiliki sekolah sejumlah 671 buah, se indonesia  terdiri dari:
- kelompok bermain                   =  87
- taman kanak–kanak                = 520 
- sekolah dasar                          =  27
- sekolah menengah pertama       =  19
- sekolah menengah atas           =  10
- sekolah kejuruan                     =   4
- sekolah luar biasa                    =   4  



2.Yayasan Pendidikan Tribakti

Adalah yayasan yang membawahi UNLA (Universitas Langlangbuana) berdiri sejak tahun 1982, dengan empat program magister, 15 program sarjana dan satu program diploma telah menghasilkan lebih dari 10.000 lulusan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dididrikan dengan tujuan :
VISI :
Universitas Unggulan yang Menghasilkan Sumber Daya Manusia Profe-sional, Berjiwa Wirausaha, dan Humanis pada Tahun 2015.







MISI:
1. Meningkatkan penyelenggaraan program pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian pada masyarakat sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi.
2. Meningkatkan penyelenggaraan sistem manajemen kelembagaan yang berorientasi kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan melalui implementasi sistem penjamin mutu.

UNLA merupaka salah satu universitaS YANG BERADA DI JAWA BARAT yang mana saat ini saya sendiri sedang  mengenyam pendidikan didalamnya.Dan saya merasakan suatu perubahan yang luarbiasa dan jauh lebih baik.  Pada kesempatan ini  saya ingin menyampaikan banyak terimahkasih kepada para pendiri UNIVERSITAS LANGLANGBUANA Bandung yang mana di sediahkan fasilitas  yang menunjang pendidikan serta tenaga pengajar yang cukup memadai dan juga pembagian kelas antara regular karyawan dan pagi dan satu keunggulan dari universitas ini adalah biaya pendidikan yang sangat terjangkau untuk ukurang perguruan tinggi yang ada di jawa barat .
ini semua merupakan hasil rancangan polri yang sedang saya dan kami nikmati sehingga di dunia pendidikan polri tidak ketinggalan dalam memberikan kontribusinya terhadap masyarakat.






























BAB III PENUTUP

a.    KESIMPULAN
Dengan demikian polri  MENJADI KEBANGGAAN MASYARAKAT dan terlepas dari segala kekurangan dan kelalaian maka polRi patut pula diacungi jempol sebab POLRI kita tidak hanya mengurus jalan raya, menjaga keamanan,menangani kasus kriminal tetapi polri juga mampu menyediakan tempat untuk berbagi ilmu pengetahuan bersama masyarakat.

b.    SARAN
 semoga polri dapat berbenah diri demi tercipta kembali nama baik karena masalah yang sedang dihadapi adalah segelintir percobaan dan polri jauh lebih baik dari masalah yang dilakukan oleh beberapa oknum  tersebut .






































DAFTAR PUSTAKA


pp-yayasankemalabhayangkari.

tribrata.blogdetik.com/.../tugas-pokok-polri-menurut-uu-no-2-tahun-
makalahkepolisiannegara.blogspot.com
penelitihukum.org/tag/pengertian-polri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar